Manfaat Rendam Kaki dengan Air Hangat

Telapak kaki memiliki 60 titik akupuntur yang berhubungan dengan kandung empedu, kandung kemih, lambung, limpa, hati dan ginjal. Dan pengobatan melalui telapak kaki ini digunakan oleh pengobatan tradisional Tiongkok. Faktanya merendam kaki dengan air hangat dapat membuka meridian yang tersumbat dan melancarkan peredaran darah. Namun merendam kaki pun memiliki jadwal yang berkaitan dengan kesehatan organ tubuh manusia seperti:

1. Merendam kaki saat malam hari dapat memperkuat ginjal dan memberikan efek tidur nyenyak, baik dilakukan sekitar pukul 21:00

2. Merendam kaki di pagi hari dapat menaikan energi atau stamina untuk memulai aktivitas, karena saat tidur kita cenderung tidak berubah posisi dan membuat peredaran darah tidak lancar, dengan merendam kaki selama 20-30 menit dipagi hari, maka dapat membantu sistem saraf dan sistem endokrin.

Untuk mendapatkan efek yang lebih baik dari melakukan terapi pengobatan rendam kaki, maka dapat menambahkan herbal Tiongkok seperti:

1. Akar Dang Gui (Angelica Sinensis)

2. Akar Dan Shen (Salvia Miltiorrhiza)

3. Jahe

4. Kayu manis, Lada Hitam, Hong Gua (Terapi Radang Sendi)

5. Bunga Krisan, Xia Ku Cao (Menurunkan Tekanan Darah)

Terapi Rendam kaki dengan air hangat relatif baik untuk kebanyakan orang, tetapi bagi penderita penyakit jantung parah, dan tekanan darah rendah justru dapat menyebabkan seorang penderita pingsan saat kakinya direndam. Atau penderita diabetes tidak dianjurkan untuk melakukan terapi rendam kaki, karena dapat membuat kulit mudah terbakar akibat air hangat.

*Ember atau wadah kayu dapat menjaga suhu air tetap hangat dibandingkan berbahan aluminium.

Sumber: (http://erabaru.net/kesehatan/94-pengobatantiongkok/27593-manfaat-merendam-telapak-kaki)

Be Sociable, Share!
This entry was posted in Company News. Bookmark the permalink.